Cibodas Puncak

Hendak berlibur di Cibodas Puncak kan?

Di halaman ini anda akan dipandu untuk menelusuri berbagai objek wisata yang ada di Cibodas Puncak. Beragam aktivitas dapat anda temukan dalam tulisan ini, mulai dari camping, outbound, hiking, dan kegiatan wisata lainnya.

Kami sangat berharap anda menemukan informasi tepat, yang dapat membantu anda dalam merencanakan agenda anda nanti di Cibodas Puncak.

Oya, di halaman ini juga kami hadirkan berbagai pilihan paket wisata di Cibodas Puncak. Terdapat Paket Camping, Paket Outbound, Paket Hiking (pendakian gn. Gede Pangrango), dan Paket Wisata Tour Taman Cibodas.

Untuk memudahkan anda dalam berselancar di halaman ini, silahkan menggunakan navigasi berikut ini dan dapatkan informasi lengkapnya. Check It out!

Bunga Sakura di Cibodas Puncak
Bunga Sakura di Cibodas

Tentang Cibodas Puncak

Cibodas adalah destinasi wisata alam yang terletak di kaki gunung Gede Pangrango, tepatnya berada di daerah administratif Desa Cimacan kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat. Karena lokasinya yang dekat dengan Puncak, maka sering juga para wisatawan menyebutnya Cibodas Puncak. Padahal secara tata letak pembagian wilayah, Puncak berada di wilayah administratif Desa Ciloto.

Sebagai daerah yang menjadi perbatasan dengan kabupaten Bogor, beberapa orang sering menyebut Cibodas Bogor, yang berarti Cibodas berada atau masuk wilayah Bogor, padahal tidak demikian.

Secara bahasa kata Cibodas ini berasal dari bahasa Sunda. Terdiri dari dua suku kata yaitu ci yang artinya cai (air) dan bodas yang artinya putih. Jika digabung menjadi air putih, dalam artian air yang jernih atau bersih. Cibodas dapat diartikan sebagai suatu tempat yang mempunyai sumber air yang jernih dan bersih. Begitulah kira-kira masyarakat zaman dahulu menyebut daerah ini yang melekat sampai sekarang.

Memang sangat wajar jika tempat yang satu ini mempunyai sumber air yang jernih. Itu karena letaknya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Gunung ini merupakan kawasana Taman Nasional yang dilindungi oleh pemerintah sehingga terjaga kealamiannya.

Hutan di kawasan taman nasional ini masih sangat lebat yang merupakan bagian dari kekayaan hutan hujan tropis. Banyak sekali tumbuh pohon-pohon yang berusia puluhan sampai ratusan tahun.

Hal inilah yang menyebabkan kondisi air di Cibodas Puncak sangat jernih dan bersih. Karena kondisi hutan yang masih terjaga ini menjadi sumber mata air yang sangat melimpah.

8 Objek Wisata Alam di Cibodas Puncak

Sebagai kawasan yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah, terutama kondisi alamnya yang masih alami, terdapat sejumlah objek wisata yang dapat kita kunjungi. Sejumlah objek wisata itu berupa kebun raya, bumi perkemahan, pendakian, air terjun, sungai, tempat golf, dan wisata belanja untuk oleh-oleh.

#1 Kebun Raya Cibodas

wisma tamu cibodas puncak
Guest House Kebun Raya Cibodas

Berada dibawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Objek wisata ini merupakan tempat penelitian berbagai jenis tumbuh-tumbuhan, terutama tumbuhan langka dan tumbuhan yang eksitu atau tumbuhan yang hidup diluar habitat aslinya. Beberapa diantaranya adalah bunga sakura, tumbuhan khas negara Jepang, bunga bangkai, berbagai jenis kantung semar, jenis-jenis anggrek, sampai sejumlah tumbuhan obat-obatan.

Walaupun sebagai tempat penelitian, pengelola Kebun Raya Cibodas mempersilahkan kepada masyarakat atau para wisatawan untuk berkunjung menikmati suasana kebun raya.

Kunjungi informasi lengkap tentang Kebun Raya Cibodas

#2 Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP

Mandalawangi Cibodas puncakBumi Perkemahan Mandalawangi adalah area camping yang berada dibawah naungan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi bumi perkemahan ini berdampingan dengan Kebun Raya Cibodas (pintu keluar kebun raya).

Didalam kawasan Mandalawangi TNGGP terdapat danau, area camping, air terjun, sungai, arena outbound, Rumah Korea, dan jungle track atau jalur untuk menjelajah hutan disekitar perkemahan.

Kunjungi informasi lengkap tentang Bumi Perkemahan Mandalawangi

#3 Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas Puncak

mandala kitri
Mandala Kitri

Sebuah areal eks perkebunan yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam sayuran ini berada dalam pengelolaan Kwartir Cabang Gerakan PRAMUKA Cianjur

Lokasinya berada tepat di pintu selamat datang, loket karcis Pemerintah Daerah (PEMDA) Cianjur. Tempat camping ini sering dijadikan kegiatan pramuka seperti kegiatan jambore.

#4 Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas Puncak

Bumi Perkemahan Bukit Golf Tempat camping yang satu ini memang agak sedikit berbeda. Pihak pengelola selain memfungsikannya sebagai tempat bermain golf, juga menyediakan tempat untuk kegiatan perkemahan.

Lokasinya sendiri berada di samping Bumi Perkemahan Mandalawangi. Luas area golf lebih dari 15 hektar. Dengan area yang luas ini mampu menampung ribuan orang. Sangat cocok untuk kegiatan perkemahan dengan peserta yang sangat banyak.

Kunjungi informasi lengkap tentang Bumi Permahan Bukit Golf Cibodas

#5 Air Terjun Cibodas

air terjun cibodasObjek wisata lainnya yang terdapat di Cibodas adalah air terjun. Tidak hanya satu air terjun melainkan ada sekitar 7 air terjun yang dapat anda jelajahi.

Ketujuh air terjun itu adalah Air Terjun (Curug) Cibeureum, Air Terjun Cidendeng, dan Air Terjun Cikundul yang ketiganya itu terletak berjejer dalam satu lokasi. Letak ketiga air terjun itu berada di dalam kawasan hutan Gunung Pangrango. Jarak tempuh sekitar 2,8 km dari pos tiket. Butuh sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam perjalanan untuk menuju lokasi.

Air Terjun Ciwalen, terletak di hutan gunung Pangrango. Letaknya dekat dengan Pos Tiket masuk.

Selanjutnya adalah Air Terjun Ciismun dan Cibogo. Kedua air terjun ini terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas.

Dan yang terakhir adalah Air Terjun Rawa Gede. Air Terjun ini terletak di dalam kawasan Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Kunjungi informasi lengkap tentang Air Terjun Cibodas

#6 Canopy Trail (Ciwalen) – Cibodas Puncak

Ciwalen, yang berlokasi di Resort PTN Mandalawangi pintu masuk pendakian Cibodas. Canopy trail berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan “tiang penyangga” berupa 4 pohon Rasamala (Altingia excelsa) dengan diameter rata-rata 1,2 meter dan tinggi canopy train berkisar 45 meter. Sensasi ini akan berujung pada Curug Ciwalen yang konon berkhasiat awet muda.

Canopy Trail hanya dibuka pada hari SABTU dan MINGGU, dengan sistem pelayanan terbagi menjadi 4 trip per hari yakni jam 09.00, 11.00, 13.00 dan jam 15.00 WIB. Setiap rombongan akan didampingi oleh petugas TNGGP sehingga informasi wisata kawasan, kenyamanan dan keamanan terjamin. Tiket perorangnya sebesar Rp. 40.000,- termasuk asuransi.

Kunjungi Informasi lengkap tentang Caopy Trail Ciwalen

#7 Danau Telaga Biru

talaga-biru-cibeureumJika di Puncak kita mengenal objek wisata Telaga Warna. Maka di Cibodas terdapat danau Telaga Biru. Objek wisata yang satu ini terdapat di tengah hutan Gunung Pangrango, satu jalur dengan objek wisata Air Terjun Cibeureum.

Mungkin anda bertanya, kenapa bernama telaga biru? Apakah memang betul berwarna biru?

Yups, Nama telaga biru sendiri disematkan bukan tanpa alasan. Jika kita perhatikan dari dekat, terkadang warna air dalam telaga terlihat kebiru-biruan. Terkadang juga hijau. Ini disebabkan oleh organisme yang berada didalam telaga. Organisme tersebut menyesuaikan atau beradaptasi sesuai dengan kadar cahaya yang diterima. Sehingga tampak air dalam telaga berubah warna. Padahal jika kita ambil, air dalam telaga sesungguhnya tidak berwarna atau benih  dan jernih.

Telaga ini sering dijadikan tempat untuk minum satwa liar yang ada didalam hutan seperti macan tutul, babi hutan, dan rusa.

#8 Pendakian Gunung Gede Pangrango

Mt Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede Pangrango

Selain objek wisata yang telah disebutkan diatas, terdapat satu lagi kegiatan wisata yang sangat terkenal yaitu pendakian gunung Gede Pangrango. Untuk para pencinta hiking mungkin sudah tidak asing lagi ya. Secara, gunung Gede Pangrango adalah gunung legenda dengan sejarahnya yang terkenal, terutama di Jawa Barat.

Pendakian dibuka pada bulan April-Juli, dan September-Desember. Dari bulan Januari-Maret, kegiatan pendakian ditutup sebagai bagian dari upaya pengembalian ekosistem yang ada di kawasan hutan karena banyaknya kegiatan pendakian. Sedang untuk bulan Agustus, pendakian pun ditutup dengan alasan, salah satunya adalah tingginya minat mendaki dibulan tersebut karena berkaitan dengan hari kemerdekaan kita.

Informasi lengkapnya kunjungi halaman Gunung Gede Pngrango

Paket Wisata di Cibodas Puncak

Nikmati beragam paket wisata yang dapat anda pilih untuk kemudahan anda dalam melakukan kegiata wisata di Cibodas Puncak.

Ragam paket wisata yang dapat anda pilih sebagai berikut:

Paket Wisata Camping

Gak perlu repot dengan segala persiapan barang bawaan, karena semuanya telah disiapkan langsung dilokasi. Dengan paket camping, kegiatan perkemahan anda akan semakin mudah dan nyaman. Didukung oleh tim lokal yang berpengalaman dengan peralatan yang sangat memadai, yang telah disesuaikan dengan kondisi alam di Cibodas Puncak.

Harga paket camping mulai dari 60.000 dapat anda pilih suka-suka.

Dapatkan informasi lengkap tentang Paket Camping di Cibodas Puncak Disini

Paket Wisata Outbound

Nikmati kemudahan bagi anda yang akan melakukan aktivitas outbound di Cibodas Puncak. Tersedia paket outbound sebagai solusi bagi anda. Mudah dan anti mainstream. Didukung oleh tim yang expert dan terbaik di Cibodas.

Untuk harga anda dapat memilihnya sendiri, bahkan dapat disesuaikan dengan budget yang anda punyai. Keren bukan.

Harga mulai dari 95.000

Info lengkap tentang Paket Outbound di Cibodas Puncak

Paket Wisata Pendakian Gn. Gede Pangrango

Berencana naik ke puncak Gn. Gede atau Pangrango?

Pilihan terbaik untuk pendakian adalah dengan paket pendakian ini. Anda benar-benar akan dimanjakan selama pendakian.

Fasilitas lengkap yang terdapat dalam paket sangat lengkap. Anda tinggal naik saja tanpa perlu membawa peralatan hiking, termasuk kebutuhan logistik.

Harga mulai dari 800.00

Dapatkan informasi lengkapnya tentang Paket Pendakian Gn. Gede Panrango Disini

Paket Wisata Kebun Raya Cibodas

Anda akan membawa rombongan untuk berlibur di Taman Cibodas, Kebun raya Cibodas? Tentunya akan sangat sulit untuk mengkondisikannya jika anda mengurusnya sendiri.

Maka solusinya adalah dengan paket tour yang telah kami siapkan untuk anda. Fasilitas lengkap langsung dilokasi. Anda hanya tinggal menentukan waktu kunjungan, dan selanjutnya tinggal menuju Kebun Raya Cibodas bersama rombongan anda. Sangat Mudah sekali.

Harga mulai dari 120.000, lengkap

Informasi lengkap tentang paket Tour Kebun Raya Cibodas Disini

Penutup

Sebagai kawasan wisata alam, Cibodas Puncak menawarkan objek wisata yang lengkap. Butuh beberapa hari jika kita ingin menjelajahi semua objek-objek wisata tersebut, bahkan mungkin beberapa minggu J

Nah, demikianlah sekilas tentang Cibodas Puncak. Daerah destinasi wisata di Jawa Barat dengan segala macam objek wisata didalamnya. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang memang berencana untuk berkunjung ke Cibodas.

Kami sangat yakin bahwa informasi yang kami sampaikan ini sangat bermanfaat bagi anda. Maka sebaiknya rekomendasikan informasi yang bermanfaat ini kepada semua teman anda. Dengan begitu teman anda akan terbantu untuk mempersiapkan rencana liburannya di Cibodas Puncak.

Selamat berwisata! and feel free for share it now!

Untuk bantuan, hubungi kami.

Hai, nama saya Yusup. Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri. Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat.

3 Thoughts on “Cibodas Puncak – Wisata Camping, Outbound, Hiking dan Tour Taman Cibodas”

  • I have noticed you don’t monetize mandalawangicibodas.com,
    don’t waste your traffic, you can earn extra cash every month with new monetization method.
    This is the best adsense alternative for any type of website (they approve all sites),
    for more details simply search in gooogle: murgrabia’s tools

  • Halo, mau tanya, adakah paket untuk trekking ke air terjun dan telaga di cibodas, kira2 perjalanan pp 4 jam kembaii ke meeting point? Thanks

  • Due to the scammers, our valued customers are depressed about their lottery and don’t know what to do for their All India Sim Card Lucky Draw Prize.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *