Bagi anda yang sedang mencari tempat untuk mengisi liburan dan waktu akhir pekan, anda dapat memilih untuk berlibur di Taman Cibodas. Tempat yang nyaman jauh dari hiruk pikuk perkotaan, menikmati suasana alam pegunungan, gunung Gede Pangrango.

Dari beberapa objek wisata yang ada, anda dapat memilih Kebun Raya Cibodas untuk alternatif berlibur di Taman Cibodas. Objek wisata alam yang terbilang lengkap dengan komposisi sumber daya alam yang ada di dalamnya.

Seperti umumnya sebuah kebun raya, banyak sekali koleksi tumbuhan di Taman Cibodas. Menurut sumber dari http://lipi.go.id/, hingga 2017, kebun raya ini telah mengoleksi 1.851 jenis tanaman yang sudah tercatat dengan baik dan sudah dilengkapi dengan berbagai informasinya, termasuk di dalamnya terdapat 46 jenis tanaman yang memiliki status konservasi terancam punah dan sangat terancam punah. Sangat menarik bukan. Disini selain liburan juga dapat ilmu tentang tumbuhan.

Berikut ini akan diulas sedikit tentang objek-objek yang wajib dikunjungi jika anda kerkunjung berlibur di Cibodas, Kebun Raya Cibodas. Check!

Koleksi Taman Tematik di Taman Cibodas

Tahukah anda bahwa di Kebun Raya Cibodas ini terdapat sejumlah taman tematik yang unik. Pengertian taman tematik sendiri adalah taman yang hanya memilih satu jenis tanaman saja atau didominasi oleh satu jenis tanaman. Sejumlah taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas diantaranya adalah

Taman Sakura

Di kebun botani peninggalan Belanda ini,  sakura ternyata bisa berbunga 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus, suatu hal yang sungguh menakjubkan. Bunga ini  mekarnya bisa bertahan sekitar 4 hari. Masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar 1 minggu. Sungguh suatu hal yang luar biasa ketika kita bisa melihat bunga khas kawasan Himalaya ini menunjukan kelopaknya. Bunganya yang begitu elok, cantik berwarna merah muda dengan semburat dengan warna putih membuat orang semakin penasaran dan semakin takjub.

Berdasarkan data dari index kwensis ternyata didunia ini ada 308 jenis Sakura, tetapi menurut Kepala Seksi Konservasi ex-situ Nanang Suryana, S.S., di Taman Cibodas baru memiliki 7 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata. Di Sakura Garden untuk sekarang ini baru terdapat 5 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunusyedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp, sedangkan jenis yang dikoleksikan untuk saat ini ada tiga jenis yaitu Prunus arborea dari Java, Prunus costata dari Irian/ Papua dan Prunus cerasoides dari Himalaya. Prunus cerasoides adalah jenis Sakura tertua yang terdapat di Cibodas yaitu ditanam pertama kali tanggal 13 Mei 1971 dan sekarang berada di vak XX.B. 21 a,b, sedangkan untuk Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp berasal dari Hatta pada tahun 2002. Taman Sakura sendiri dibuat pada Maret 2007 – Desember 2007 dengan luas 6.647 m2 dan dibuat untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Saat ini Kebun raya Cibodas memiliki lebih sekitar 435  pohon baik yang koleksi maupun yang non koleksi. Banyak pertanyaan mengenai tanaman unik ini, seperti: ”kok bisa ya Sakura hidup di Indonesia?”, ”Kok bisa ya Sakura berbunga 2 kali dalam satu tahun di Indonesia?”. Pertanyaan-pertanyaan yang sering saya jumpai saat saya mengantar tamu untuk berkeliling Cibodas pada umumnya dan melihat cantiknya bunga Sakura pada khususnya. Menurut kurator Rosaceae, ternyata hal ini disebabkan karena Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli dari Sakura. Selain itu kontur tanah dan cara perawatan serta iklim itu juga yang mungkin menyebabkan terjadinya pembungaan Sakura bisa terjadi 2 kali dalam satu tahun.

Taman Lumut

Taman ini dibangun pada tahun 2004 dan dibuka untuk umum secara resmi pada tanggal 11 April 2006, pada saat ulang tahun Kebun Raya Cibodas  yang ke 154. Taman seluas 1.500 m2 ini dirancang menyerupai habitat lumut di alam yaitu pada batang pohon, tanah, batu-batuan dan media tertentu. Naungan secara alami juga diberikan oleh rindangnya tanaman asli Indonesia yang tumbuh disekitarnya untuk memberikan kondisi lembab yang diinginkan. Sebagian besar koleksinya berasal dari sekitar Kebun Raya Cibodas, dan sampai saat ini koleksi yang ada di Taman Lumut ada 134 jenis.

Taman Rhododendron

Taman ini mulai dibangun dan diresmikan pada tahun 2002 atas Inisiator dari Mantan Kepala Kebun raya Cibodas Drs. R. Subekti Purwantoro yang pada  saat itu masih menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Cibodas dengan luas ± 5000 m2. Taman ini pada awalnya dibangun untuk mengoleksikan berbagai tanaman Rhododendron yang ada di Kebun Raya Cibodas yang berasal dari berbagai daerah dan Negara. Pada saat itu ada 3 jenis Rhododendron yang ditanam yaitu Rhododendron javanicum dari Jawa, Rhododendron macgregoriae dari Papua dan Rhododendron mucronatum dari Jepang.

Rhododendron atau orang sering menyebutnya dengan Azalea ini merupakan tanaman berbentuk semak dengan ketinggian di bawah satu meter dan hidup ditempat yang beriklim sedang di ketinggian antara 800-2400 mdpl. Di Kebun Raya Cibodas ada salah satu tanaman Azalea yang dijadikan ikon Kebun Raya Cibodas karena tanaman itu asli berasal dari Jawa. Nama tanaman tersebut adalah Rhododendron javanicum (Azalea Jawa). Jenis ini di tanam pertama kali di Cibodas pada tanggal 30 Januari 2005 dan termasuk jenis tanaman endemik di Jawa, Indonesia. Tanaman ini memiliki bunga orange dengan struktur bunganya yang cantik dan tahan rontok hingga satu minggu meskipun telah dipotong.

Taman Liana

Taman tematik yang baru saja di resmikan pada puncak acara hari jadi Kebun Raya Cibodas ke 165 tahun.

Taman Tematik Liana merupakan taman yang dibangun di area seluas 1.200 m2. Taman ini dipenuhi dengan koleksi tumbuhan liana, yakni tumbuhan yang tumbuh memanjat pada tumbuhan lain atau panjatan buatan manusia yang lebih besar atau lebih tinggi, dalam upaya mendapatkan cahaya matahari, tetapi akarnya tetap berada di dalam tanah sebagai sarana untuk mendapatkan makanan. Tumbuhan liana banyak digunakan sebagai peneduh pergola dan sebagai tanaman hias.

Taman tematik ini berisi tanaman liana yang terdiri atas 24 suku, 38 marga, 30 jenis, dan 36 masih berstatus  sp dari 126 spesimen. Koleksi tanaman liana merupakan hasil kegiatan eksplorasi dari kawasan Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tengah.

Sumber : https://krcibodas.lipi.go.id/

Objek Menarik Lainnya

Selain koleksi taman tematik diatas, jika anda berlibur di Taman Cibodas, sempatkanlah untuk mengunjungi objek yang menarik berikut ini.

Air Terjun Curug Ciismun

Letaknya di bagian sisi selatan Kebun Raya Cibodas. Berada pada ketinggin 1275 m dpl, Air terjun curug Ciismun diapit oleh dua bukit yang tinggi, yaitu bukit Agropolitan dan bukit Cibodas. Ketinggiannya sendiri sekitar 25 meter dan lebar kaki jatuhan air yang terjun sekitar 5 meter.

air terjun cibodasUntuk menuju ke Air Terjun Curug Ciismun anda dapat menempuh jarak sekitar 2 km dari pintu gerbang utama. Namun, hanya berjarak sekitar 500 meter jika ditempuh dari pintu gerbang 3, Gunung Batu. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat memarkirkan kendaraan anda dekat pintu gerbang 3 tersebut.

Berhati-hatilah jika anda mengunjungi air terjun Curug Ciismun ini. Gunakanlah sepatu jenis tracking atau hiking, karena anda akan berjalan diatas medan berbatu. Sangat disarankan untuk tidak memakai sendal dengan haq tinggi karena beresiko kaki terkilir.

Air Terjun Curug Cibogo

Curug Cibogo terletak di Taman Sakura bagian selatan. Tidak seperti air terjun curug Ciismun, objek yang satu ini sangat mudah dijangkau. Bahkan untuk anda yang membawa kendaraan pribadi dapat langsung menuju kesana, tanpa berjalan kaki terlebih dahulu.

Sebelum menuju curug Cibogo, terlebih dahulu anda akan melewati jalan air. Jalan ini sendiri merupakan bagian dari lintasan aliran air dari Air Terjun Curug Ciwalen yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Ketinggian curug Cibogo hanya berkisar 15-18 meter saja, dengan kolam kecil penampungan air di bawahnya. Meskipun tidak terlalu besar, tetapi debit airnya cukup deras.

Anda pertama kali akan berlibur di Taman Cibodas, atau pertama kalinya akan mengunjungi Kebun Raya Cibodas? Kami bagikan gratis, 9 tips berikut ini. Catet!

9 Tips Berlibur di Taman Cibodas

Berikut ini merupakan tips bagi anda yang mempunyai rencana untuk berlibur di Cibodas khususnya ke Kebun Raya Cibodas, hemat, efektif, dan menyenangkan. Tips ini sangat penting untuk diperhatikan terutama untuk anda yang membawa pasukan 😉

taman cibodas

#1 Lakukan survei lokasi liburan

Tips pertama adalah melakukan survei. Jika waktu anda sangat luang, lakukan survei lapangan langsung. Tapi jika memang sibuk dan waktu terbatas, anda dapat melakukan survei via dunia maya saja, seperti yang sedang anda lakukan saat ini. Jika ada yang kurang jelas, tinggal hubungi kontak yang tersedia saja.

#2 Tentukan objek menarik apa saja yang akan dikunjungi

Tips kedua adalah menentukan objek menarik apa saja yang akan dikunjungi di Taman Cibodas, khususnya Kebun Raya Cibodas. Dari sekian banyak objek menarik, buatlah rencana, dan agendakan. Hal ini bertujuan agar kegiatan berlibur di Cibodas anda tesusun dengan baik dan efektif.

#3 Berangkat pagi hari dari rumah

Tips ketiga adalah berangkat pagi hari. Kenapa? ini terutama untuk anda yang dari Jakarta dan sekitarnya juga dari Bandung. Anda akan menempuh jarak sekitar 85-100 km dari rumah. Itu artinya membutuhkan waktu tempuh yang lumayan agak lama. Waktu tempuh normal memang hanya sekitar 2,5 – 3 jam perjalan. Namun, jika kondisi lalu lintas sebaliknya, maka waktu berlibur di Taman Cibodas anda akan banyak terbuang di jalan. Maka dari itu sangat penting untuk anda berangkat dari rumah pagi-pagi sekali. Selain karena harus memperkirakan kondisi lalu lintas, juga agar mempunyai banyak waktu di tempat anda berlibur.

#4 Usahakan pergi bukan di musim liburan

Tips keempat adalah jika ingin tidak bermacet-macet ria dijalan, jangan pergi di musim lburan. Kenayang kang, umumnya banyak orang yang berlibur di waktu itu yang artinya, pertama kondisi lalu lintas pasti padat. Kemungkinan macet sangat tinggi. Kedua, di tempat anda berlibur nanti pastinya penuh sesak. Tentunya hal itu akan menjadi ke-kurangnyamanan dalam menikmati liburan.

#5 Bawa perlengkapan pribadi

Tips kelima adalah membawa perlengkapan pribadi. Ini sangat penting sekali untuk diperhatikan, terlebih karena anda akan berlibur di Taman Cibodas yang artinya berlibur di kawasan pegunungan. Bawalah kebutuhan pribadi seperti baju ganti, baju hangat, makan kecil, minumat yang menghangatkan, obat-obatan pribadi (ingat disini tidak ada apotek) buat jaga-jaga, wajib pakai sepatu (sepatu tracking sangat dianjurkan, jangan pakai sepatu haq tinggi), dan jangan lupa bawa karena untuk mendokumentasikan moment-moment penting disana.

#6 Bawa uang tunai

Tips keenam adalah bawalah uang tunai. Disini merupakan daerah kawasan pegunungan dan tidak ada ATM. Jadi bawalah uang tunai secukupnya agar mumudahkan jika ingin membeli sesuatu.

#7 Belanja oleh-oleh

Tips ketujuh adalah membeli oleh-oleh. Iya donk harus ya. Masa iya liburan gak ada cindramatanya. Jika anda berlibur di Taman Cibodas anda dapat berbelanja berbagai oleh-oleh khas Cibodas. Makanan dengan berbagai macamnya, pakaian, boneka, buah-buahan, kerajinan, dan beragam sayuran, merupakan bermcam oleh-oleh yang dapat anda pilih. Tapi seperti tips sebelumnya, bawa uang tunai. Disini kartu debit/kredit gak laku, ATm juga jauh. 😀

#8 Catatlah pengeluaran selama liburan di Cibodas

Tips kedelapan adalah mencatat pengeluaran. Awas hal ini sangat penting ya, terutama dalam menekan hasrat anda dalam berbelanja. Dengan mencatat setiap pengeluaran, sekecil apapun, maka anda dapat mengontrol biaya liburan anda.

#9 Jika memungkinkan, lakukan booking terlebih dahulu

Tips terakhir jika anda hendak berlibur di  Taman Cibodas adalah melakukan pemesanan atau booking untuk layanan tertentu, baik itu tiket, atau tempat menginap (jika anda berencana untuk menginap). Hal ini dilakukan agar liburan anda semakin nyaman dengan memanfaatkan layanan yang disediakan. Anda tidak perlu lagi mengantri untuk urusan tiket atau mencari tempat bermalam, karena semuanya sudah anda kondisikan sebelumnya.

Demikianlah informasi tentang ‘Tempat untuk Dikunjungi dan 9 Tips Jika Berlibur di Taman Cibodas’ ini kami hadirkan. Tulisan sederhana ini akan selalu diperbaharui (update) dengan info-info terbaru. Jadi pantau terus ya.

Sampai jumpa, dan selamat berlibur di Taman Cibodas!

Hai, nama saya Yusup. Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.