jambore

Cibodas menjadi tuan rumah dalam acara Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang diselenggarakan oleh Forum Cipayung Plus.


5.000 Peserta Jambore Kebangsaan dan Wirausaha gelar istighosah di Cibodas

Sekitar 5.000 peserta dari 15 organisasi mahasiswa dan kepemudaan yang tergabung dalam Forum Cipayung Plus menggelar istighosah di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, Selasa (24/10) malam. Kegiatan itu dilakukan sebelum melaksanakan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha, sejak Rabu hingga Minggu mendatang.

Lapangan perkemahan Mandalawangi disulap jadi sebuah tenda besar. Mereka melakukan istighosah di tenda tersebut. Istighosah dimulai pukul 20.55 WIB dipimpin oleh K.H Sacha Muhammad Toha. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Alquran oleh K.H Abdul Ghofur.

Penerangan juga dimatikan agar para peserta menghayati istighosah tersebut. Hanya ada suara lantunan Alquran yang terdengar. Para peserta tampak menghayati lantunan Alquran. Disusul para peserta melantunkan salawat.

“Mari kita doakan negeri ini agar tetap damai dan tanpa ada perbedaan. Dan negara kita tetap bersatu,” kata K.H Sacha Muhammad Toha.

“Amin,” sambut para peserta.

Organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang ikut terlibat, yaitu PB HMI, PP KAMMI, PP HIMA PERSISI, PP GMKI, PP PMKRI, PB PMII, PP KMHDI, Presidium GMNI, PP GPII, Presidum Hikmahbudhi, PP HIMMAH Al-Washliyah, PB SEMMI, PB Pemuda Muslimin, PP IPTI,11 dan PP GEMA Mathla’ul Anwar.

Dari pantauan merdeka.com hingga pukul 21.22 WIB istighosah masih berjalan. Para peserta juga masih hikmat mendengarkan lantunan doa.

Diketahui, setelah melakukan istighosah para peserta diagendakan Rabu, (24/10) pagi akan melakukan Patriot Camp, Booth Camp Wirausaha, Outbond, perlombaan, aksi sosial membentuk perpustakaan rakyat, pelatihan skill dan expo, bazar serta pentas seni.

Presiden Joko Widodo juga direncanakan akan membuka jambore tersebut. Selain Presiden Jokowi, sejumlah menteri dikabarkan turut hadir dan menjadi pemateri. Mereka adalah Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri BUMN Rini Soemarno. Lalu, terdapat Ketua BPP HIPMI Yudi Latief, Menteri ESDM Ignatius Johan.

“Imam Nahrawi (Menpora), Achmad Baiquni (Dirut BNI), Kartiko Wirjoatmodjo (Dirut Mandiri), George Hendrata (CEO Blibli.com), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Arif Budimanta (Wakil Ketua KEIN), para tokoh Cipayung seperti Bursah Zanubi, Muhammad Yamin, Theo L Sambuaga, H Azis Syamsuddin dan lainnya,” jelas Ketua Panitia Jambore Kebangsaan dan Wirausaha, Agus Harta

Agus mengatakan, para peserta juga akan mengikuti seminar terkait kewirausahaan nasional. Dan untuk memberikan inspirasi isu kebangsaan wirausahaan.

Menurut Agus, peserta juga dapat berbagi cara sukses dalam membangun bisnis, jaringan bisnis, bantuan modal melalui perlombaan, jaringan. “Terlebih untuk mempersiapkan para mahasiswa dan pemuda agar siap dalam menghadapi persaingan global,” kata Agus. [gil]

Merdeka.com 

 

Hai, nama saya Yusup. Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.