camping di cibodas

Sepertinya anda memang sedang membutuhkan update informasi camping Cibodas 2017. Melengkapi tulisan sebelumnya tentang Mandalawangi Cibodas Camping Ground, berikut ini kami sajikan informasi terbaru dan lengkap seputar perkemahan di Cibodas.

Informasi yang akan kami sajikan ini menjadi sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda berencana untuk melakukan camping atau berkemah di Cibodas. Info itu antara lain meliputi, lokasi camping, harga tiket, sewa tenda, Objek wisata , dan tips perkemahan. Lengkap bukan?, Kami rangkum dalam info camping Cibodas 2017 berikut ini.

Langsung saja ya, yuk

Yups, setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk camping Cibodas. Ketahui dan mengenali beberapa tempat camping di Cibodas (karena bukan hanya satu tempat saja), objek wisata yang dapat dikunjungi, fasilitas-fasilitas perkemahan, kegiatan apa saja yang dapat anda dilakukan, dan biaya atau tiket masuk terbaru yang berlaku. Hal ini menjadi sangat penting untuk diketahui baik itu untuk acara camping keluarga, camping sekolah, camping pramuka, acara kampus, organisasi, komunitas, dan terlebih lagi untuk gathering perusahaan. Dengan begitu rencana anda untuk camping di cibodas dapat dipersiapkan dengan matang jauh-jauh hari. Oke?!

camping cibodas

Cibodas – Puncak – Bogor, Kaki Gunung Gede Pangrango

Seluk beluk awal untuk camping Cibodas adalah letak atau posisi tempat camping di Cibodas.

Kawasan Cibodas ini secara administratif beralamat di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Berjarak sekitar 95-100 km dari Jakarta dan sekitar 85-90 km dari Bandung. Untuk menuju ke kawasan ini, anda yang dari Jakarta hanya memerlukan waktu sekitar 3 – 3,5 jam perjalanan.  Sedangkan dari Bandung dapat ditempuh dengan 2,5 – 3 jam perjalanan. Waktu tempuh ini tentunya dipengaruhi oleh kondisi lalu lintas pada saat itu.

Hanya ingin merperjelas dan mungkin juga meralat beberapa kesalahan oleh sejumlah orang, penamaan  di peta online, juga sering didengar di beberapa media informasi, tentang penyebutan lokasi Cibodas. Bahwa Cibodas itu masih merupakan wilayah Kabupaten Cianjur, tidak termasuk ke wilayah Puncak-Bogor seperti anggapan sebagian orang. Hanya perbatasan saja. Kita semua dapat melihatnya secara jelas di laman  desa Cimacan. Disana dapat kita lihat bahwa Cibodas itu masih menjadi bagian dari wilayah kabupaten Cianjur. (sumber : http://www.desakuonline.id/)

Pilihan Tempat, Camping Cibodas 2017

“Oh emang ada banyak pilihan tempat ya, camping di Cibodas?” Tanya seorang klien. Mungkin selama dia menyangka bahwa tempat camping Cibodas itu hanya satu, bahkan anggapannya bahwa tempat campingnya memang bernama Cibodas,… 😀

Anda salah satu, atau salah duanya kali ya,… ? vis ah! 😀

Baik, langsung kita bahas secara singkat 3 tempat camping yang ada di Cibodas. Catet!

#1 Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas (Mandalawangi Cibodas Camping Ground)

Tempat camping Cibodas yang pertama adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas. Tempat camping ini berada dibawah pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Area kawasan ini merupakan bagian dari komplek balai tersebut dibagian utara.

Area camping disini sebagian merupakan hutan lindung yang lebat dan dipenuhi dengan pepohonan dan semak belukar. Sebagiannya lagi adalah lokasi camping untuk mendirikan tenda berupa area lapang berumput dan berkerikil. Lokasi camping ini terbagi beberapa nama blok. Diantaranya adalah blok danau golf, blok ayunan, blok kaliandra, blok rasamala, blok patung patung komodo atau dinosaurus, dan blok puspa. Tentunya anda dapat memilih lokasi camping untuk blok-blok tersebut dengan mem-bookingnya terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan atau status lokasi camping, apakah sedang ada yang menempati, sudah di booking, atau free booking.




Sejumlah fasilitas camping di Mandalawangi Cibodas antara lain :

  1. Pos jaga dan tiket,
  2. Parkir kendaraan,
  3. MCK/ Toilet,
  4. Musholla,
  5. Papan petunjuk arah,
  6. Arena outbound berupa high roope challenge,
  7. Perahu dayung,
  8. Warung makanan

Jika ingin info lebih detail tentang tempat camping Cibodas ini, sebaiknya anda baca artikel sebelumnya. Dibahas dengan lengkap tentang Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas.

#2 Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas (Cibodas Golf Camping Ground)

Tempat camping Cibodas yang kedua adalah Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas. Sebagian orang mungkin merasa sedikit penasaran dan bertanya, “ini sebenarnya tempat camping atau tempat golf?  Atau keduanya? Emang ada tempat campingnya kayak gitu?” … 🙂

camping cibodas 2017

Yups, seperti namanya, tempat camping yang satu ini merupakan tempat camping di Cibodas dengan menggunakan area golf sebagai lokasi camping atau perkemahan. Kondisi umum sebuah tempat bermain golf, area camping di lokasi ini ditutupi oleh rerumputan yang khas. Bentuk area camping sangat lapang dan luas. Sejauh mata memandang anda akan melihat hamparan rumput yang selalu dirawat agar tetap tumbuh pendek.

Dengan luas area sekitar 40 hektar, tempat camping Cibodas yang satu ini cocok untuk kegiatan/ event-event besar, seperti jambore Pramuka, gathering perusahaan, camping sekolah, kampus, dan event yang melibatkan banyak orang. Terdapat sejumlah fasilitas pendukung perkemahan seperti toilet/MCK, aula, listrik, gedung tamu, tempat parkir kendaraan, dan pos keamanan

Jika berminat untuk camping disini dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkapnya, sebaiknya anda membaca artikel berikut ini, tentang Cibodas Golf Camping Ground. Informasi lengkapnya ada disana.

#3 Bumi Perkemahan Mandalakitri

Tempat camping di Cibodas yang keempat adalah Bumi Perkemahan Mandalakitri. Tempat camping yang satu ini berada persis di samping gerbang selamat datang kawasan wisata Cibodas, sebelah kiri (selatan). Kondisi medannya sendiri terdiri dari area camping berumput, sungai, danau, pepohonan, dan semak belukar.

Cibodas Puncak

Sebagai pendukung perkemahan disini terdapat toilet, musholla, aula, dan listrik atau penerangan. Luas area camping ini lumayan sangat luas, sehingga sering kali digunakan untuk kegiatan jambore Pramuka.

Apa yang Harus disiapkan jika ingin camping di Cibodas?

Camping itu sangat identik dengan berbagai peralatan dan perlengkapan, dimana pun tempat campingnya. Betul? 😀

Tapi walaupun begitu, hal ini bukan berarti aktivitas ini menjadi ribet. Malah sebaliknya, inilah ciri khas dari kegiatan kaya manfaat ini. Bahkan kini aktivitas perkemahan atau camping ini sangat diminati oleh banyak orang.




Baiklah, berikut ini peralatan dan perlengkapan yang harus anda siapkan jika ingin camping di Cibodas.

  1. Tenda.  Sediakan tenda yang baik, kuat, dan nyaman. Pilihan terbaik adalah tenda dome.
  2. Matras. Alas untuk didalam tenda selain dari alas terpal yang telah menyatu dengan tenda.
  3. Sleeping bag. Ini bisa berbentuk selimut atau selimut postable seperti bentuk kepompong. Intinya yang penting tidak dingin ketika tidur di malam hari.
  4. Senter. Cukup jelas ya fungsinya yaitu untuk penerangan ketika berjalan di malam hari.
  5. Baju ganti yang hangat. Termasuk didalamnya sweater, jaket, atau baju hangat lainnya.
  6. Kupluk, kaos kaki, dan sarung tangan. Apapun jenis dan bentuknya, yang pasti harus menghangatkan kepala dan tangan kita. Tambah penghangat telinga juga bolehlah, apa tuh namanya lupa,…
  7. Gunakan sepatu untuk perjalanan, terutama hiking dan jelajah hutan.
  8. Bawa sendal juga untuk berjalan disekitaran tenda.
  9. Bawa minuman yang menghangatkan tubuh. Terserah apa, asalkan jangan bawa minuman beralkohol, dilarang.
  10. Bawa makanan ringan untuk ngemil sambil melihat pemandangan di sekitaran tenda.
  11. Bawa logistik untuk kebutuhan makan (pokok). Sesuaikan dengan lamanya kita camping
  12. Bawa peralatan memasak, diantaranya kompor portable, gas, nesting atau tempat masak lainnya, piring, gelas, sendok, garpu, dan lain-lainya sesuai dengan komponen yang akan dimasak selama camping.
  13. Bawa kamera untuk dokumentasi aktivitas camping anda. Selfie mana selfie,… #eaaa 😀
  14. Jika ingin ada acara barbeqeu (bakar-bakaran gitulah), jagung, ikan, sate, daging, dan kambing guling, bisa membawa peralatannya sendiri dan juga arangnya.
  15. Bawa kantong plastik untuk tempat sampah. Jaga kebersihan lingkungan disekitar perkemahan kita nanti.
  16. Jika perlu, bawa P3K dan obat-obatan pribadi.

Apa lagi ya,…? Sepertinya itu saja sih.,… Perlatan dan perlengkapan camping disesuaikan dengan kebutuhan anda selama camping di Cibodas.

Oya, satu lagi yang sangat penting banget, bawa uang tunai. Mohon maaf, kartu kredit dan debit anda disini tidak laku. ATM juga jauh. Siapkan uang tunai untuk kebutuhan jajan dan biaya lainnya disini. Besarnya berapa? Sesuaikan saja ya,… Masa iya ditentuin. Hadeuh.

Uih, banyak banget ya peralatan dan perlengkapan untuk camping di Cibodas itu. Ya, beitulah. Inilah seni dalam bekemah.

“Tapi,… Gimana dengan saya yang gak punya itu semua?” Seorang pembaca bertanya kepada kami.

Mudah saja, anda dapat menyewa semua peralatan camping langsung dilokasi, bahkan langsung dipasangin. Nah tuh,…

“Gak mau masak-masak ah, ribet?” ribet apa gak gak bisa masak,… wkwkwk.

Ya sudah, anda bisa reservasi atau booking paket camping Cibodas saja. Kelar urusan. Anda tinggal santai dan menikmati suasana saja. Semua kebutuhan selama perkemahan dipenuhi, bahkan yang gak ada di ada-adain,..  Hayooo alasan apalagi,… hadeuh.

Paket Camping yang dapat Anda pilih:

Sudah ah ya, lanjut baca yang dibawah ini. Penting juga untuk diketahui. Catet!

Objek Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi

Anda yang akan camping di Cibodas rugi rasanya jika hanya camping saja. Dari sekian beragam agenda kegiatan, masukan-lah agenda untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Cibodas. Sejumlah objek wisata ini dapat menjadikan warna kegiatan camping anda menjadi lebih berkesan.

Berikut ini kami hadirkan sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi jika anda camping di Cibodas. Kami menyarankan anda untuk mengunjunginya, paling tidak satu diantaranya.

  1. Kebun Raya Cibodas. Tempat koleksi, konservasi, dan penelitian berbagai jenis tumbuhan. Disini anda dapat melihat ribuan koleksi jenis tumbuhan. Ada bunga negeri Jepang Sakura, taman-taman tematik seperti taman Lumut, taman lipstik, koleksi paku-pakuan, taman Rhododendron, koleksi tanaman obat, taman Liana, air terjun, rumah kaca, dan jika anda beruntung, anda dapat melihat si bunga raksasa, Bunga Bangkai.
  2. Air Terjun Cibeureum. Objek yang terbentuk secara alami di bagian dalam hutan Gede Pangrango. Untuk menuju kesana anda akan menempuh jarak sekitar 2,7 km dengan waktu tempuh 45-1 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi suasana hutan khas hujan tropis yang lebat dan penuh dengan pohon-pohon yang tinggi berusia ratusan tahun. Meskipun berada didalam hutan dan menempuh jarak yang lumayan jauh, objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi. Dan di lokasi air terjun Cibeureum ini berada, terdapat 2 air tejun lainnya yaitu air terjun Cidendeng dan Cikundul.
  3. Canopy Trail Ciwalen. Objek wisata ini berupa jembatan yang digantung diantara 2 pohon raksasa yang berusia ratusan tahun yaitu pohon Rasamala. Anda dapat menikmati pemandangan hutan diatas jembatan yang terlihat sangat sejuk dan menyegarkan. Diakhir rute perjalan, anda akan bertemu dengan air terjun Ciwalen yang konon katanya jika mandi disini dapat membuat awet muda.

Penutup Sementara

Sementara  Itulah beberapa seluk-beluk camping cibodas yang harus anda ketahui, sebelum anda nanti menyesal karena tidak mengetahuinya sejak awal. Jadi anda benar-benar sangat beruntung membaca artikel ini, daging banget! 😀

Jika dirasa berguna dan bermanfaat, bagikan informasi yang penting ini untuk kebermanfaatan kita semua. Terutama mereka yang memang hendak berencana untuk camping di Cibodas.

Jika ada sesuatu yang ditanyakan dan perlu bantuan, segera hubungi kami.

Baik. Selamat camping di Cibodas. Semoga kegitan camping anda menyenangkan, langcar dan sukses. Salam Lestari!

Hai, nama saya Yusup. Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.