air terjun cibodas

Melengkapi tulisan sebelumnya yaitu tentang Air Terjun Curug Cibeureum, kali ini admin akan menyajikan sebuah tulisan mengenai Air Terjun Cibodas. Dilihat namanya berarti air yang terjun itu berwarna bodas, atau dapat diartikan putih. Iya benar begitu?,…

Admin sangat perlu menulis tentang hal ini, karena diluar sana, banyak sekali yang salah mengartikan maksud dari air terjun Cibodas ini.

Baca sampai selesai ya!

Air Terjun Cibodas

Cibodas itu berasal dari bahasa Sunda yang berarti “cai bodas“. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia mempunyai arti air berwarna putih, atau dalam artian lebih spesifiknya jernih.

Tapi apa benar ada air terjun seperti itu di Cibodas, yang berada di kaki gunung Gede Pangrango?

Jawabannya adalah tidak ada. Bahkan nama air terjun cibodas itu pun tidak ada.

Hal ini dapat kita lihat Daftar sejumlah nama air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Diantara deretan air terjun yang ada disini adalah Air terjun Cibeureum, Cidendeng, Cikundul, Ciwalen, Ciismun, Cibogo, dan Air terjun Rawa Gede.

Lalu kenapa banyak orang mencari dan menyebut air terjun Cibodas?

Ini tidak lain karena, orang atau para wisatawan mengenal adanya air terjun yang berada di kawasan Wisata Cibodas. Sehingga menjadi latah bagi sebagian orang, menyebutnya dengan air terjun Cibodas.

Sehingga kini dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan air terjun Cibodas itu adalah sejumlah air terjun yang berada di kawasan Wisata Cibodas yang admin sebutkan diatas, yaitu Air terjun Cibeureum, Cidendeng, Cikundul, Ciwalen, Ciismun dan Cibogo di Kebun Raya Cibodas, dan Air terjun Rawa Gede di Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP.

Mengenal Sejumlah Air Terjun di Cibodas

Seperti yang sudah admin sebutkan diatas, di kawasan Cibodas ini terdapat sejumlah air terjun yang mengalirkan air yang sangat jernih yang berasal dari mata air Gunung Gede Pangrango.

#1 Air Terjun Cibeureum

air terjun cibeureumAir terjun Cibodas yang pertama adalah Curug/ Air Terjun Cibeureum

Merupakan air terjun yang berada di kawasan hutan Gunung Gede Pangrango. Diantara air terjun yang ada di Cibodas, air terjun Cibeureum merupakan yang terbesar.

Untuk menuju kesana kita harus menempuh jarak sekitar 2,8 Km dari pos tiket. Jauh?,… iya dapat dibilang begitu, apalagi tidak dapat dijangkau oleh kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Tapi,…

Tapi sebanding dengan keindahan yang dimilikinya. Bahkan anda akan dibuat kagum dan tak ingin cepat-cepat beranjak pulang dari lokasi.

#2 Air Terjun Cidendeng

Air Terjun Cidendeng
Air Terjun Cidendeng

Air terjun Cibodas yang kedua adalah Curug/ Air Terjun Cidendeng

Ada yang tau letaknya dimana? Atau jangan-jangan anda baru mendengar kalau di daftar air terjun Cibodas ada air terjun bernama Cidendeng.

Air Terjun Cidendeng ini letaknya masih satu lokasi dengan air terjun Cibeureum, disebelah barat. Bentuknya lebih ramping dari saudaranya Cibeureum, dengan ketinggiannya sedikit lebih tinggi, dan debit air yang meluncur lebih kecil. Namun keindahannya tak kalah jauh.

#3 Air Terjun Cikundul

curug CikundulAir terjun Cibodas yang Ketiga adalah Curug/ Air Terjun Cikundul

Tebak ada dimana letak atau lokasinya?

Yes, Masih satu lokasi ya dengan dua air terjun sebelumnya, yaitu Cibeureum dan Cidendeng. Lokasi persisnya di sebelah paling Barat diantara keduanya.

Keberadaanya yang tertutup menjadikannya jarang dikenal banyak wisatawan.

Padahal,…

Padahal air terjun ini mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh dua saudaranya. Mau tau?,…

Air di Air Terjun Cikundul lebih dingin jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya. Boleh dikatakan seperti air es. Benar-benar dingin. Coba saja!

#4 Air Terjun Ciwalen

Curug CiwalenAir terjun Cibodas yang Keempat adalah Curug/ Air Terjun Ciwalen

Ada yang bisa menebak letak air terjun Ciwalen?,..

Letaknya masih di hutan gunung Gede Pangrango. Tapi tidak sejauh 3 air terjun sebelumnya yaitu Cibeureum, Cidendeng, dan Cikundul ya.

Air terjun Ciwalen hanya berjarak sekitar 300 meter saja dari pos tiket. waktu tempuhnya hanya sekitar 10-15 menit saja.

Tapi meskipun dekat, untuk menuju lokasi kita akan melewati jembatan gantung yang lumayan tinggi, yang dapat menguji adrenalin anda. Terlebih bagi anda yang baru pertama kali atau takut ketinggian. Canopy Trail, Jembatan yang menggantung diantara dua pohon raksasa, Rasamala.

Baca tulisan sebelumnya tentang Canopy Trail Cibodas.

#5 Air Terjun Ciismun

Air Terjun CiismunAir terjun Cibodas yang Kelima adalah Curug/ Air Terjun Ciismun

Air terjun Ciismun berada didalam Kebun Raya Cibodas. Untuk menuju air terjun Ciismun, anda akan menempuh jarak sekitar 1,1 km dari pintu masuk atau loket karcis. Tapi itu jika anda masuk dari pintu masuk 1 yang berada di sebelah Utara.

Jika ingin jarak yang lebih dekat anda dapat masuk melewati pintuk masuk 3 (gunung batu) yang berada di sebelah Selatan Kebun Raya Cibodas. Dari sini jarak tempuh menuju air terjun Ciismun hanya sekitar 300 meter saja, dengan waktu tempuh yang lebih singkat sekitar 12 menit, lebih singkat jika anda berangkat dari arah pintu 1, yaitu sekitar 45 menit – 50 menit.

Air terjun Ciismun mempertemukan 2 bukit besar yaitu bukit Cibodas dan bukit gunung batu (agropolitan). Pada saat akhir pekan dan hari lbur, objek wisata yang ada di Kebun Raya Cibodas ini sangat ramai oleh pengunkung.

#6 Air Terjun Cibogo

Air terjun Cibogo

Air terjun Cibodas yang Keenam adalah Curug/ Air Terjun Cibogo

Seperti air terjun Ciismun, air terjun Cibogo masih berada di dalam Kebun Raya Cibodas. Hanya saja air terjun yang ini lebih mudah dijangkau. Hanya sekitar 10 menit dari pintu masuk utama (pintu 1), dengan jarak tempuh sekitar 250 meter.

Lokasi persis air terjun Cibogo ini berada di Taman Sakura. Karena lokasinya yang lebih strategis jika dibandingkan dengan Ciismun, Air Terjun Cibogo selalu ramai setiap hari, baik hari libur maupun hari-hari biasa. Bahkan lokasi ini sering dijadikan tempat syuting sejumlah film dan iklan produk televisi.

#7 Air Terjun Rawa Gede

curug rawa gede
http://udaindra.blogspot.co.id/

Air terjun Cibodas yang terakhir adalah Curug/ Air Terjun Rawa Gede

Air Terjun Rawa Gede berada di dalam area Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP. Letaknya tersembunyi, berada di sebelah utara area perkemahan.

Lokasi air terjun ini sering dijadikan sebagai tempat jelajah hutan di sekitar area perkemahan. Untuk menuju lokasi, anda akan ditantang untuk berjalan menembus hutan dengan jalan setapak tentunya.

Bagi anda yang akan melakukan camping di Mandalawangi TNGGP, tak ada salahnya mengunjungi lokasi iar terjun Rawa Gede ini ya. Daaan, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah disana.

Kesimpulannya

Air Terjun Cibodas merupakan sejumlah air terjun yang berada di Kawasan Cibodas, Taman Nasional gunung Gede Pangrango, yaitu terdiri dari Air Terjun Cibeureum, Cidendeng, Cikundul, Ciwalen, Ciismun, Cibogo, dan Rawa Gede.

Kata Cibodas sendiri merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang mempunyai pengertian air yang jernih dan bersih. Penamaan ini tentunya tidak sembarangan disematkan oleh orang jaman dulu. Mengapa? Karena jika kita perhatikan dengan seksama, kawasan Cibodas ini merupakan sumber air bagi masyarakat sekitar. Dan air yang mengalir dari Cibodas memang jernih dan bersih.

Baiklah, sepertinya itu saja untuk tulisan kali ini. Semoga dapat menambah sedikti wawasan tentang keberadaan Air terjun Cibodas ini ya. Silahkan beritahukan kepada teman-teman anda dengan men-share artikel ini. Feel free to share it!

Selamat berkunjung!

 

Hai, nama saya Yusup. Saya lahir dan tinggal di Cibodas, Kaki Gn. Gede Pangrango. Dengan kemampuan menulis yang sangat terbatas, saya mencoba untuk memperkenalkan beragam potensi yang dipunyai oleh tempat kelahiran saya melalui jaringan internet, agar dapat diketahui oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Selamat menikmati tulisan-tulisan sederhana saya di situs ini. Semoga Anda terbantu dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.